Selasa, 09 Agustus 2011

[Ramadhan Giveaways] Sahabat, Akhirnya Kita Bejumpa Lagi


Kita sudah menjalani 10 Hari pertama di bulan Ramadhan rupanya, sungguh tak terasa waktu sangat terasa begitu cepat. Begitu cepatnya sepuluh ramdhan pertama ini kita lalui dan hingga akhirnya Ramadhan tahun ini akan segera meninggalkan kita. Semoga Ramadhan di tahun ini menjadikan diri kita menjadi insan yang lebih baik lagi. Jangan lupa mari kita perbanyak mohon ampunan dibulan suci ini, seraya berdo'a agar kita dipertemukan di Ramadhan-ramdhan yang akan datang lagi.

Ada satu hal paling mengesankan di sepuluh hari awal ramadhan ini bagi saya. Sahabat. Siapa yang tak kenal dengan Sahabat. Semua orang pasti mempunyai banyak sahabat. Namun sudahkah kita menemukan sahabat sejati kita?. Mari kita cari sahabat sejati itu bersama-sama.

"Sahabat Akhirnya Kita Berjumpa Lagi". Itulah kata yang ku ucapkan kepada sahabatku saat aku kembali berjumpa dengannya. Ya, setelah dua tahun lamanya tak pernah bersua dan bertatap muka, kini kami dipertemukan kembali oleh Allah di awal Ramdhan yang mulia ini.

Saat saya hendak pulang kampung tepatnya di hari kedua Ramdhan ini, saya masih diberi kesempatan untuk berjumpa dengan sahabat seperjuanganku di rumah kostnya di Solo. Dialah sahabat ku, Akh Dayat nama sapaannya. Tentu saja ini adalah ramadhan yang mengesankan bagi saya, karena setelah dua tahun tak berjumpa dengan sahabatku itu, kini aku bisa bertemu kembali dengan-nya.

Mengapa saya sangat terkesan, karena memang sahabatku inilah sahabat paling istimewa bagi saya. Ia sungguh luar biasa, semoga sahabatku ini menjadi sahabat yang sejati bagi saya. Kami bukan satu SMA, hanya bertemu disebuah organisasi sekolah yang sama waktu itu, dalam satu wilayah yang sama tentunya. Setelah sekian lama berada dalam satu organisasi yang sama akhirnya kitapun saling mengenal, hingga akhirnya terpisah karena kami sama-sama lulus SMA waktu itu. Dia melanjutkan studi dan sayapun langsung bekerja.


Akh dayat saat masih SMA

Saya teringat ketika masih dalam satu organisasi, kita sempat berkunjung kerumah satu sama lain. Dan akhirnya kamipun berinisiatif tukar menukar hadiah dikala itu. Kamipun akhirnya sepakat untuk tukar menukar hadiah. Ini adalah moment yang paling tidak kuat aku menahan air mata. Bagaimana tidak, dia adalah anak dari seorang yang boleh dibilang cukup ekonominya dibandingkan denganku yang ekonominya serba kekurangan. Maka jangan heran jika hadiah yang saya dan sahabatku tukar sangat jauh bedanya. Benar, sahabatku nan baik itu memberikanku sebuah Al quran beserta terjemahannya yang harganya lumayan mahal dikala itu, sedangkan aku hanya menukarnya dengan gantungan kunci mungil yang berbentuk masjidil haram. Moment tukar menukar hadiah ini sangat merekatkan ukhuwah antara kami berdua. Selain hadiah, kami juga harus menuliskan sedikit pesan dalam secarik kertas yang harus ditukarkan bersamaan dengan hadiahnya. Kami membuka hadiah itu dirumah masing-masing. Saya saya sampai dirumah aku buka dan baca hadiah dan pesan darinya. Aku menangis saat membaca dan membuka hadiah istimewa darinya itu.

Sahabatku berpesan agar aku menjadikan hadiah pemberiannya itu sebagai pengingat diriku terhadapnya dan pengingat terhadap allah tentunya. Dia berpesan agar aku membacanya disetiap saat, dan sampai sekarangpun aku menjadikan al quran itu sebagai bacaanku disetiap saat, semoga amal ibadah ini terus mengalir dan mendatangkan pahala untuk sahabatku yang telah beramal itu.

Sedangkan aku menuliskan pesan dalam secarik kertas itu, kurang lebih isinya seperti ini,

" Sahabatku engkau adalah sahabat terbaik yang pernah ku temui, saya mohon maaf atas hadiah yang hanya mampu ku berikan kepadamu ini, semoga dengan hadiah yang hanya seharga lima ribu rupiah ini menjadikan engkau selalu mengingatku dan menjadikanmu mengingat Allah setiap kalinya, engkau sahabatku aku tau kau tak mungkin melihat nilai dari hadiah yang ku berikan ini, karena engkau tau akan hakikat ukhuwah yang kita jalani, semoga allah memberkati dan menjaga ukhuwah ini, semoga ukhuwah ini selalu membawa keberkahan dan dekat dengannya".

Nampaknya pesan dan hadiahku ini membuat ia terus mengeluarkan air mata saat ia membaca dirumahnya, ia tak kuasa menahan air mata sembari mengirimkan SMS bahwa ia sangat terharu dan serasa ingin memeluk-ku erat-erat katanya. Sungguh indah persahabatan ini.

"Dua tahun sudah kita lalui, sahabat akhirnya kita berjumpa lagi di ramadhan yang mulia ini, dan kini engkau menjadi orang yang lebih berarti. Sahabatku, sikapmuu tak berubah terhadapku walaupun engkau sebenarnya punya sahabat banyak dan lebih baik dariku."

Berikut ini adalah video sahabatku yang sudah berhasil masuk kedalam sebuah tim Nasyid se-Kota Solo. Ia memenangkan audisi nasyid seKota Solo bersama tiga rekannya, yang kini telah menjadi satu grup nasyid yang bernama, "Fourteens Nasyid". Video ini adalah penampilan pertamanya disalah satu event bergengsi di Solo.






( Dalam video : Sahabatku paling kanan)


Akh dayat saat pengumuman pemenang lomba nasyid se-Kota solo

Photo dan video diambil dari Facebook-nya

Itulah cerita yang membuat saya terkesan saat bertemu dengan sahabatku di awal Ramdhan ini. Semoga cerita ini ada hikmahnya. Tulisan ini saya buat untuk memeriahkan Ramadhan Giveaways-nya mbak Rifi. Ngelirik buku The Journal of A Muslim Traveler - Heru Susetyo, Catatan Perjalanan.

67 komentar:

  1. bersahabat dalam kebaikan, ya ... he he he ...

    BalasHapus
  2. tuh kan caturnya senyum :)

    bersahabat itu indah

    BalasHapus
  3. persahabatn yg indah. antar akh dayat dan akh catur

    BalasHapus
  4. aku blm pnh denger... *waa mas catur ikut...ngelirik nafi dan berkata" fii..gmn nih..";)). horee..nanti barter ya, mas.. :d

    BalasHapus
  5. semoga berakhir dg keindahan pula kelak aamiin :)

    BalasHapus
  6. hehehe mbak lina bisa aja....


    itu baru banget team nasyidnya....jebolan anak2 UNS Solo

    barter??? toeink :D

    BalasHapus
  7. makasih.... yg empunya lewat nih :)

    BalasHapus
  8. wekekekekke.....katanya suka brownies :))

    BalasHapus
  9. Selamat ya untuk kesuksesan yang diraih sahabatnya Catur ^^

    BalasHapus
  10. iya mbak......nanti saya sampaikan lagi :)

    aku jd minder lho sebenernya sama dia....hehehe..tp krn kebaikannya rasa itu bisa sedikit2 hilang

    BalasHapus
  11. super sekali... salam buat akh dayat.. namanya mirip my brother 'dayat'

    BalasHapus
  12. segera disalamkan akh faried :)....wah ada dayat yg lain ternyata :)

    BalasHapus
  13. CLBK ya? lha kok lanang hihihihi :))

    BalasHapus
  14. ah gak masalah wkwkwkkwkwkw ngakak

    BalasHapus
  15. itulah arti cinta :).......

    cinta karena-Nya ^^

    BalasHapus
  16. yee fitnah mah klo kamu.. hahax :P

    ntu yang di foto ndiri

    BalasHapus
  17. wew

    oh ada yang naksir neh ceritanya ? wkwkkw

    BalasHapus
  18. ada dong tentunya...tuh yg sering njajanin pak syamsul siapa...hehehhe

    BalasHapus
  19. ada untukmu teman selain brother yah?

    BalasHapus
  20. ada.....mawwadah untukmu teman :)

    BalasHapus
  21. indahnya persahabatan....

    persahabatan bagai kedondong.... #eh

    BalasHapus
  22. kenapa gak d ikut sertakan dalam lombaku nih,mas??? *promooo* ;-D

    BalasHapus
  23. Subhanallah....
    Smoga gak putus tali silaturahminya yah :)

    BalasHapus
  24. cieee.... suit2.. sahabat nih yee.... qiqiqi..

    wah.. koq dho pengen buku iku.. dadi mengkeret

    BalasHapus
  25. waaah hebat yaaaa menang lomba nasyid

    BalasHapus
  26. iya


    mmmm...walaupun "kecut" tetep dimakan gt ya xixixi

    BalasHapus
  27. hehehhe....lomba yg mana mb lupa.....tau gt ane ikutan hehhee

    BalasHapus
  28. :)
    aamiin semoga saja ya mb try......^^

    BalasHapus
  29. iya dong xixixi

    hehehe..abisnya bukunya itu yg keren...sebenere mau bukunya bunda helvy, tp blm cukup umur :D

    BalasHapus
  30. hebat banget mbak sahabatku itu tuh :)...se-Kota solo lagi

    BalasHapus
  31. mosok muni ngene?
    mesthi nggo jowo..

    BalasHapus
  32. hehehehhehehhe......indonesia dong..pan kite anak gaul :))

    BalasHapus
  33. beuh.. ngguayaaaaaaaaaaa..... =))

    ra seruuu.. qiqiqi..

    nek aku podho jowone nggo b.indo brarti malah ra ngakrabi

    BalasHapus
  34. waakkakakka.......kan 2thn g ketemu mb jar.....

    ya pertama2 malu2 lah...toh akhirnya ya boso ngoko abis itu xixiixi

    BalasHapus
  35. PERTAMAAAAXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXX

    ^_^ (tegal dilawan...) hahaha...

    BalasHapus
  36. pertamax dari pertamina apa dari hongkong....terakhir begini kok pertamax wkwkwkkwkw....

    kok jd TEGAL....ini kebon mas bukan tegal hehhe

    BalasHapus
  37. ngapain ngelirik2 aku Na?
    apanya yg gimana? :p

    BalasHapus
  38. lho kok ada bunda nafi dsini hehehhehe.....yg dmksd mb lina itu fi yg mb rifi apa fi bnda nafi ? :)

    BalasHapus
  39. ahay...iya donk.... baca2 peserta lomba yg lain, yg makin bikin minderrr... pada bagus2 euy... ^^

    tau tuh Lina geje.... *kabuuurrr...

    BalasHapus
  40. aye panggil bunda bener kan ya xixixiixixi

    iya ane juga sempet mampir2 minder juga hehe

    *ngelirik mb lina...

    BalasHapus
  41. ya ya ya... ra popo.
    Asal ra nyeluk 'Mas' ae, soale banyak yg ngira aku cowok, hehe...

    BalasHapus
  42. oh nggak dong....klo ini mah mudah dtebak....klo mas fajar emang perlu diragukan :))

    BalasHapus
  43. Semoga tetep bersaudara yah kalian berdua.

    BalasHapus
  44. aamiin....semoga saja bunda,..makasih :)

    BalasHapus