Sabtu, 13 Agustus 2011

[Puasa Pertamaku] Tak Mencari Kayu Bakar dan Menikmati Kolak Buatan Ibu


Puasa Pertamaku, wah tema yang menarik. Baiklah kali ini saya lagi-lagi akan menyentil sisi sentimentil dari diri saya sendiri dan keluarga. Udahlah Saya kan kalau ngomong BLAK-BLAKAN (korban iklan).

Ramadhan adalah bulan istimewa, bulan yang hanya ada satu kali dalam setahun ( ya iyalah ), semua orang sudah tentu harus memiliki kesan tersendiri dengan hadirnya bulan ini. Semua orang mempunyai kisah tersendiri di ramadhan-ramadhan yang mereka alami. Dan seharusnya ramadhan ini benar-benar harus bisa membuat kita menjadi insan yang lebih dan lebih baik lagi bak metaforfosis yang dialami kupu-kupu nan cantik itu.

Kali ini saya hanya ingin menceritakan ramadhan pertamaku yang sangat sepele. Entah mengapa hal yang sangat sepele ini terkadang membuat saya sedih, bercampur haru ( cengeng, mungkin, ah biarlah masih pengen jadi bocah :D ).

Jadi, tahun 2009 lalu adalah kali pertama aku harus menjalani puasa pertamaku tanpa keluargaku. Aku harus merantau menjemput rizki didaerah yang boleh dibilang sangat Kota ini ( maklum wong ndeso banget ). Ya, ramadhan kali pertama itu aku sudah tak lagi mencarikan kayu bakar untuk memasak ibuku dirumah, aku sudah tak lagi menikmati kolak buatan ibuku yang rasanya menggoyang lidah.

Teringat kembali saat sebelum aku di Kota ini ( waktu masih sekolah) , sepulang sekolah aku harus mencarikan kayu bakar untuk keperluan memasak, maklum saat itu belum ada subsidi gas elpiji seperti sekarang ini. Keluargaku memang sangat sederhana, namun kami tak pernah merasa kekurangan, kami selalu merasa kecukupan, karena memang mempeoleh sesuatu itu yang terpenting adalah cukup, jika berlebih malah akan menimbulkan masalah. Coba saja kalau kita mempunyai baju koko limapuluh, sedangkan semuanya tak cukup, buat apa baju koko sebanyak itu, mendinglah punya baju satu saja tapi cukup dan pas dengan ukuran tubuh kita.

Sejak saat itu aku sudah tak lagi menikmati kolak nikmat buatan ibu, kolak yang dimasak diatas Pawon dengan bahan bakar kayu yang aku cari ditegal-tegal itu nampaknya lebih nikmat rasanya jika dibanding dengan memasak dengan proses lainnya. Jadi, jangan heran jika setiap berbuka terkadang aku dirayu dan di goda oleh ibuku dengan kata, " nak, kolak ibu sudah matang, ini ibu lagi berbuka kolak sama adikmu, mau tidak? ". Wah, ibu memang paling bisa kalau merayu-rayu, hik hik (lebay). Tak hanya kolak tapi masakan-masakan sederhana itu aku sangat merindukannya, daun singkong, sambel korek, tempe goreng, dan oseng-oseng kace, yang semua itu sangat sederhana namun nikmat rasanya jika memang mampu bersyukur. Tak jarang pula jika ibu SMS, " Nak, sudah makan belum, ibu sama adikmu hari ini makan tempe sama sambel aja". Tersentak aku jika ibu sudah mulai SMS seperti itu, yang dirumah memakan makanan sederhana, sedangkan aku dsini memakan makanan yang jauh lebih daripada mereka, kadang aku sulit menelan makanan yang aku makan jika teringat mereka, nangis ya nangis, kalau ada mereka disisiku sudah tentu ku bagi makananku itu. Ah sudahlah jangan terlalu banyak cengengnya, semua memang harus disyukuri, selalu berdo'a agar Allah menjadikan keluarga kami selalu bersyukur dengan segala nikmat yang diberi dan selalu bersabar jika ujian itu menghampiri.

Itulah puasa pertamaku yang tak mencari kayu bakar dan memakan kolak dan masakan buatan ibu. Dan alhamdulillah setelah dua tahun tak menjalankan ramadhan bersama keluarga, akhirnya tahun ini, diawal ramadhan pertama tahun ini saya sempat menjalankan ramadhan dikampung bersama mereka. Dan sayapun sudah tak perlu mencari kayu bakar lagi, karena sudah ada kompor dirumah sana, aku dapat dengan puas menikmati kolak dan masakan ibuku yang tiada duanya.


WAKTU kadang terlalu lambat bagi yang menunggu.....

WAKTU kadang terlalu cepat bagi yang terburu-buru...

WAKTU kadang terlalu panjang bagi yang gundah...

WAKTU kadang terlalu pendek bagi yang bahagia...

Tetapi WAKTU adalah senantiasa Kebahagiaan bagi ia yang selalu Bersabar dan Bersyukur


Puasa pertamaku ini saya ikutkan untuk memeriahkan lombanya trio kwek kwek, eh trio koalisi disini.

nb: gambar nggak asli, tapi sebenarnya memang mirip seperti
itu

44 komentar:

  1. Buruan pulang. Keburu kolaknya dingin.

    BalasHapus
  2. pertamax : jujaaaiirrr (jujur) yaaahhh,, ray tuh paling seneng ama masakan yang dimasak pake kayu bakar. Rasanya itu orisinil bangeeet.. apa yaaa?? pokoke enak-laaah ketimbang pake kompor gas,,hehehehe..

    keduaxx. gambar dapurnya ngingetin ray ama kampoeng halaman,, di rumah nenek dapurnya tuh kayak gituu,,, masih pake kayu bakar ntuk masak,,huwaaaaaaaaaaaa,,, kangeeen nenek..

    ketigaxxx. surabi itu kek gimana sih?

    BalasHapus
  3. pawon nya siapa yg dicuri gambarnya sm kamu tur?

    BalasHapus
  4. Masakan ibunda memang selalu bikin kangen :)

    BalasHapus
  5. mantap ...
    ngasih jempol ...

    *terharu ... he he he ...

    BalasHapus
  6. perasaan tagnya [Puasa Pertamaku] deh, bukan [Ramadhan Pertamaku], ahaay....oot..

    Koq ibunya mas catur ky ibu bapakku sih? suka godain, dirumah lg ada makanan ini, itu, bikin ngilerrrr.......kangen makanan di rumah.. T__T *melow kumat*

    BalasHapus
  7. pawonnya tetangga ehhhh....hehhe...itu pawon aku search digoogle..tp pawon ku emang kaya gt bunda suerrr

    BalasHapus
  8. ^________^

    yah tu kan terharu lagi :))

    BalasHapus
  9. ya ampunnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnn.......udah tak gnti bunda....makasih udah dikoreksi.....hadeh

    hik hik hik hehhehe....iya ibuku memang gt.....ayo pulkam bunda

    BalasHapus
  10. masa sih.....ya kebanyakan dijateng itu mah :)

    BalasHapus
  11. bukan berdiri juga

    iya udah tau :P

    BalasHapus
  12. Sorabi oncom, telor, sama tempe...trus blakangny sdkt gosong.. Aaa kangen.. :d

    BalasHapus
  13. hehehe...eh teh lina emang org kampung juga? hehehe

    BalasHapus
  14. makanan d desa emang enak2 meski cuma tempe dan sambel. atau cuma sayur bening *inget mbah

    BalasHapus
  15. hehheheh....bener banget mbak.....sambel korek kesukaanku ^^

    ayo pulang kampung

    BalasHapus
  16. udah pulkam bulan juni kemarin.... T__T

    BalasHapus
  17. gak duwe duit mas.... gak duwe cuti maneh... huft....

    BalasHapus
  18. halah2.....hehehhe...ngapusi nek g dwe duit

    wah...masa g cuti lebaran

    BalasHapus
  19. gak duwe duit nggo tuku tiket. yen nggo mangan yo isih ana to...
    cuti lebaran yo cuma punya cuti bersama wae. cuti tahunan wis tak jupuk juni wingi nggo mudik neng Klaten.. :p

    BalasHapus
  20. ah ngenes amat bunda hehhehehe....

    oh ngono toh.....wah nasib jauh dr kampung halaman begitu ya ternyata xixixixi...g mau jauh2 dari simbok naknu ah :D

    BalasHapus
  21. yah begitulah nasib di perantauan terhalang 2 pulau... :D

    gak usah jauh2 sm simbok, kalo laki2 kan enak, bawa istri kemanapun. lhah kalo istri, ya mau lah dibawa suaminya kemana pun (nasibku...) :p

    BalasHapus
  22. hehhehehe kl ada pulau ya tinggal lompat aja kan bunda :D

    iya ah ...nanti istri tak ajak keliling dunia aja ;))

    BalasHapus
  23. dari pulau Sumbawa...loncat ke pulau Lombok.... loncat ke pulau Bali... baru nyampe pulau Jawa.... hadeuh..... -_-'

    BalasHapus
  24. wekekekekek.....kaya kutu ya loncat2 aja :))......andai saja bisa ngilang kaya jinny oh jinny g perlu loncat tuh :D

    BalasHapus
  25. wew....itumah mb raya yg kuliah sering bolos XD

    BalasHapus