Selasa, 16 Agustus 2011

[ Lomba Aku ] Kue Lebaran Favorit-ku di Rumahku Sendiri dan di Rumah Tetangga


Momen Hari Raya Idul Fitri adalah momen yang paling dinantikan oleh seluruh umat islam, banyak cerita suka tentunya. Ramai-ramai mudik, bertemu dengan sanak saudara dan kerabat, saling memaafkan, oh sungguh indah hari kemenangan itu.

Keluarga besarku sendiri dikampung selalu menjadikan momen lebaran setiap tahunnya sebagai ajang silaturahim, sungkem, dan makan bersama satu keluarga.

Berbagai macam kue dan makananpun ada saat hari raya tiba. Biasanya, jika lebaran tiba beberapa anggota dari keluargaku keliling ke rumah-rumah tetangga terdekat untuk sekedar silaturahim dan maaf memaafkan, sebagai tetangga dekat maklum jika mungkin ada salah dan khilaf selama ini. Biasanya, om dan tante yang belum terbilang tua dari keluarga kami beserta anak-anaklah yang berkeliling ke rumah-rumah tetangga. Kebiasaan ini sering kali dilakukan pada saat lebaran sampai-sampai anak-anakpun sangat hafal dengan kue yang ada dirumah masing-masing tetangga.  

Untuk kue atau makanan lebaran dirumahku sendiri sangat sederhana saja, namun tiap lebaran harus ada kue tentunya, untuk persediaan jika ada tamu yang berkunjung dan untuk dinikmati sekeluarga. Biasanya ibu dirumah hanya membeli kue-kue kering karena tidak bisa membuatnya. Jadi saya tidak terlalu favorit dengan kue-kue itu. Yang menjadi favorit di rumahku sendiri adalah Kacang Mete yang di goreng sendiri oleh ibu, biasanya ibu beli mentahnya kemudian digoreng dan di bumbui di rumah sendiri. Jadi, jangan heran jika kacang metenya ludes duluan ketimbang kue-kue yang lain . Kacang mete asli wonogiri memang paling top, karena memang selain bakso, tiwul, gaplek, dll, wonogiri juga terkenal karena kacang metenya. Jika ada yang tertarik bisa menghubungi saya, nanti saya beritahu ke produsennya, karena bisa antar kirim (promo.com).

Mete asli wonogiri
Terus kenapa saya juga punya kue favorit dirumah tetangga? . Ya, soalnya dulu saat keliling-keliling kerumah tetangga, icip-icip dulu lah dirumahnya . Setiap tetanggaternyata mempunyai khas tersendiri untuk kue lebarannya, sampai-sampai hafal kita dengannya.

Jika berkunjung ke rumah tetangga A, setiap lebaran mereka selalu membuat “Biji Ketapang” yang sangat gurih, malahan mereka membuatnya pas hari lebaran, jadi setiap kita berkunjung kita bisa liat langsung cara membuat “Biji Ketapang” kadang membantu juga membuatnya, sekaligus mencicipi yang sudah matang, hehehe, gurih, itulah makanan favorit saya dirumah A.

Biji ketapang gurih
Di rumah B beda lagi, karena ia tergolong orang yang berada di kampung. Jadi, kue lebaran dirumahnya hampir semuanya enak-enak dan mahal-mahal, mulai dari nastar, kastengel, putri salju, bolu, dsb, yang semuanya adalah enak, jadi tiap kali berkunjung kerumahnya saat lebaran kami bisa dengan leluasa memilih-milih kue yang kita sukai, , tapi ya tentu saja dengan malu-malu gitu, malu-malu tapi mau, habis itu malu-maluin.

Makanan mahal nih ( nastar, kastengel, putri salju, bolu )

Saat berkunjung kerumah C, kami selalu disambut ramah,pemilik rumah sangat baik sekali, disana kami disuguhi berbagai kue. Karena ia punya kebun melinjo, jadi sudah tentu ada ‘Emping Melinjo’ yang dideplok dan digorengnya dirumah sendiri. Emping yang dibuatnya memang sangat enak, gurih, beda dengan yang saya beli pasar-pasar. Karena pemilik rumah C ini juga pedagang makanan ringan, jadi banyak pilihan snack dirumahnya. Pengalaman saat kami disuguhi beberapa kue, ada sekaleng biskuit disana, dan berhubung tampak luar dari sekaleng ini sangat menggoda jadi, dibuka saja kaleng itu, dan ternyata kita tertipu, itu isinya bukan biskuit, tapi memang benar isinya ‘Karak’ alias intip nasi, yang sebenarnya rasanya juga gurih, hadeh. Mending milih empingnya aja deh .

Kaleng biskuit yang isinya ternyata "karak"

Emping melinjo asli wonogiri

Lain halnya dengan saat berkunjung ke rumah D dan E. Dirumah itu nuansa lebaran seperti tidak ada dirumah mereka, bukannya tidak ada kue yang disuguhkan kepada kami yang berkunjung kerumahnya , tapi dirumah mereka memang terlihat seakan tidak merayakan hari raya.

Dirumah D sendiri, mereka terlihat sangat sibuk setiap harinya, waktu pagi hari mereka persiapkan untuk bersiap-siap dengan pekerjaannya, bahkan saat lebaran. Ia pedagang, jadi kami tidak sempat bersilaturahim kepada pemilik rumah karena menjelang malam hari kami baru melihatnya pulang ke rumahnya.

Sedangkan dirumah E, momen lebaran seakan tak ada kesan bagi mereka. Tak ada kue lebaran tak ada baju lebaran disana. Terkadang saya merasa kasihan dengan anak-anaknya yang seakan iri jika melihat teman-temannya bersenang-senang saat lebaran, memakai baju baru, makan kue-kue, sedangkan mereka, . Ya, memang momen lebaran ini kita dituntut untuk selalu bersyukur atas segala nikmat, dan tidak lalai dan larut dalam kesenangan.

Begitulah cerita sedikit saya tentang makanan favorit dirumahku sendiri dan makanan favorit dirumah tetangga, kalau soal makanan mah semuanya habis kalau sama saya, hehe. Semoga ada kesan dengan cerita ini. Oh iya sebelumnya selamat Idul Fitri 1432 H, senandung puji atas kemurahan yang diberikan, semoga Amalan ibadah syiam kita semua diterima, semoga Allah himpun kita semua dalam golongan orang yang bertaqwa. Met Idul Fitri, mohon dimaafkan atas khilaf dan prasangka. .

Tulisan ini dibuat untuk meramai-kan lombanya duo AKU disini dan disana. Selamat makan kue!

89 komentar:

  1. akuuuuuuu geleeeeeeem metene...... huaaaaaaaaaa.....

    nyuwun tuuuuuurrr.. qiqiqiqi

    BalasHapus
  2. hati2 dengan merk kh*ng gu*n.. banyak beredar yang palsu
    >> isinya intip.. =)) karo rengginan.. =))

    BalasHapus
  3. nastar paporitq.. hihihi

    tapi rung dadi tulisane

    BalasHapus
  4. moro nyang wonogiri ya...mengko tak kei sekilo wis...kulite tapi :))

    BalasHapus
  5. wekekekke..diembat semua sama mb jar :)

    BalasHapus
  6. yg mana yg menggoda mas....kaleng biskuit yang isinya karak ya :))

    BalasHapus
  7. ayoo mba jar ditunggu tulisanmu! Hoho...

    Wah, dugaan sy mas catur kalo lebaran pake baju koko yg ada 2 kantong di depan. Atau celana kargo yg banyak kantongnya. Kalopun cuma satu, di dalamnya ada plastik buat mbungkus kue2nya. Hehe...

    BalasHapus
  8. wakakkakakak.....ngakak baca komentnya mb ai yg punya lomba...:))

    iya emang bener sih pake yg byk kantong...belum lagi pecinya dibalik tuh :))

    BalasHapus
  9. bentar ya Ai.. nulisnya berderai air mata nih *lebay hahaha

    =)))).....
    ga sekalian bawa kresek..

    BalasHapus
  10. wakakkakak.....enggak ah ntar dipenthung ama yg punya rumah :))

    BalasHapus
  11. eitz eitz eitz... om Cawah tega ini... puasa-puasa kok postingan gambarnya propokatip :D

    BalasHapus
  12. Ai kuwi lho.. sing gawe lomba tega.. makanan sing dibahas =))

    BalasHapus
  13. hehehhehehhe...kan mau lebaran jd persiapan dong kue2nya :))

    BalasHapus
  14. iya....salahkan yg punya lomba mb jgn salahkan mb fajar :))

    BalasHapus
  15. ckckck saking ngefans-e.. ampe disebut2.. =)))
    =p

    BalasHapus
  16. mari kita salahkan secara berjama'ah... #nah lho?!
    mbak Ai tanggung jawab yak, dengan cara nraktir saya :D
    uhuy... jadi inget ketemu mbak Ai di nikahannya mbak Arie ^^
    nice to meet yoo mbak Ai :)

    BalasHapus
  17. jiahhhh...terpanggil nih ceritanya :))....gpp aku tau kl fansmu banyak weeeeeee

    BalasHapus
  18. mariiii *dilempar semangka nanti :))

    ayo mb srikandilangit ikutan lombanya mb ai

    BalasHapus
  19. gampang om, tinggal tangkap semangkanya pake ember trus disimpen buat buka puasa ntar :D

    hehe pengen ikut, tapi ndak tau mungkin atau ndak :D
    #kesian om Cawah jugak. ntar banyak saingannya qeqeqeqeqe

    BalasHapus
  20. wokeh deh aku juga suka banget sama semangka sbenere *diam2 biar mb ai g denger :))

    jiahhhh..mb srikandi ini namanya jg lomba weeeeee :)

    BalasHapus
  21. aduh, sy mulai menduga lagi neh. Mas catur diam2 suka semangka biar dapet point plus dari juri. Hehe... *ini mah suudzon y? :D

    srikandilangit
    senang bertemu dirimu juga. Hoho... Lomba ini tujuan terselubungnya jg utk melatih kesabaran para peserta dan pembaca. Saranku, posting dan bacalah ketika tidak sedang puasa. :P

    jaraway
    wah, aku pengen tau seberapa mellow tulisanmu. Atau jgn2 nulisnya sambil iris bawang yaa? Hoho.

    BalasHapus
  22. hehehehhe.....iya selama ini saya g bilang kalo sebenernya saya dan adik saya itu suka semangka, bener deh....ibu aja sampe heran masak semangka 1 buah hbs berdua sehari :))

    BalasHapus
  23. saya juga pecinta semangka lho... wah... bagaimana kalo kita bikin group pecinta semangka ? #aseli geje tiada terkira sodara XD

    BalasHapus
  24. wah seru tuh....boleh2 biar mb ai yg bikin, nanti kan kita dikasih semangka grtis XD

    BalasHapus
  25. kirim ke bdg kacang mete nya donk akh.. heheehe :)

    BalasHapus
  26. hehehhe...kl siang2 pas lebaran pasti nkmat ya pak :D

    BalasHapus
  27. wah banyak gambar makanannya ^_^, ati2 nih yg berpuasa, siap2 mupeng, hehe... :D

    BalasHapus
  28. kue yg mana mb riefi hehehhehe....

    BalasHapus
  29. wakakkakak...ya maaf saja mb ais...harusnya baca ini pas lebaran nanti ya xixixixi.....

    BalasHapus
  30. Tur, beneran ya mete disana enak?kpn2 stlh lebaran aku pesan ya..?boleh tak?

    BalasHapus
  31. Tur, beneran ya mete disana enak?kpn2 stlh lebaran aku pesan ya..?boleh tak?

    BalasHapus
  32. kalau ditanya benar apa gak tentu saja benar, krn saya sudah mencobanya.....pokoknya gurih, beda dari mete2 lainnya. boleh bunda, ada temanku yg jualan, bisa dikirim ke alamat yg dituju, pembayaran transfer :)

    BalasHapus
  33. Coba crta dr dulu aku dah pesan buat lebaran tur..

    BalasHapus
  34. hehehe....ya maaf ini aja kalo g ada lomba beginian ya g bakalan cerita tentang makanan2 dr kampung tercinta :)

    BalasHapus
  35. Pengen nyomot kacang mete buat buka nanti :)

    BalasHapus
  36. asyikkk ada pak iwan hehheheh......eit g bisa... secomotan takutnya nanti ketagihan pak :D mending langsung pesan seplastik :)

    BalasHapus
  37. Kalo gitu saya pengen memanfaatkan penawaran menarik spt ini, mas Catur. Boleh dong saya dibantu pesenin. Serius nih.. pengen merasakan camilan khas Wonogiri :)
    Prosedur pemesanan plus harganya silakan PM ke saya ya..

    BalasHapus
  38. hhhehehheheheh...asyeekkk...baiklah....:)...ternyata saya pandai merayu ya :))

    BalasHapus
  39. nah kan.. Gara2 lomba sy mas catur jadi bisa jualan mete. Jangan lupa setoples buat juri yaa. Xixi..

    BalasHapus
  40. @ pak iwan sudah diPM ya ;)

    mb ai.....:)) iya nih malah kaya OS.....yeee....juri mah kudu yg ngasih hadiah :P...dtunggu kiriman semangkanya ya :))

    BalasHapus
  41. insyaAlloh mau kalo ketemuan di jogja yo..!! ^^

    BalasHapus
  42. oke deh hehhehehehhe...insyaallah :)

    BalasHapus
  43. wah, makanan kesukaanku adalah tiwul ...
    saya mau tiwul, sudah lama sekali tidak makan tiwul ... he he he ...

    BalasHapus
  44. hehehhe...makanan ndeso itu mas....ya biasanya dipasar tradisional banyak tiwul tp ini puasa jd gbs menikmati tiwul ya hehhehe

    BalasHapus
  45. singkong yang sudah djadikan tepung dicampur sedikit air, diuluk-uluk diatas tampah, terus ditanak deh diatas dandang, nanti sudah jd nasi tiwul :)

    BalasHapus
  46. itu sudah dalam bentuk nasi tiwul...setelah jd nasi tiwul kita bisa membuat nya jd makanan2 lain...dan bisa menambahkan beberapa bahan seperti kelapa parutan, gula jawa, dll

    seperti ini ^__^

    BalasHapus
  47. ngiler2 deh...yg ngasih poto aja udah ngiler kok :))

    BalasHapus
  48. :)

    gethuk memang nikmat bunda...tradisional banget

    ini nih :)

    BalasHapus
  49. Hadeuh, kenapa buka jurnal ini lagi, sih :( gambar makanan tambah banyak gini @_@

    BalasHapus
  50. hehehe..mb novi ikutan koment juga :)

    ya maaf ya, selamat menikmati gambarnya hehe

    BalasHapus
  51. hiks... ini dah deket idul fitri ya....
    :(

    BalasHapus
  52. iya mas heru hehhehe......ayo makan2 ehhhh :D...jgn sedih ya ramadhan meninggal;kan kita tahun ini :)

    BalasHapus
  53. postingan tandingaaaan yaaa???
    skg ga ngileeer,, pan udah buka ;-p,hahahaha *OOT*

    BalasHapus
  54. jiahhhh.........hik hik...curannnggggggg....buka mpnya dah mau buka >.

    BalasHapus
  55. udah piliiingggg ada yang mo posting makanan,weeeee ;-p

    BalasHapus
  56. wkwkwkkw.....awas ya.......hmm nantikan kejutan makanan selanjutnya looohhhh...*mari berbuka

    BalasHapus
  57. yah paling tidak besok lebaran mau ke Wonogiri nich
    maen-maen
    ke tempat ente sekalian po? hehe

    BalasHapus
  58. Kayaknya di awal jurnal ini perlu dikasi peringatan 'harap membuk postingan ini setelah berbuka puasa' :D

    BalasHapus
  59. wahhh boleh mas....tp keknya saya dijogja deh lebaran hik hik

    BalasHapus
  60. hehhehehe.....ternyata mb novi jd korban juga ya :))

    BalasHapus
  61. Kacang metenya itu lho kok melambai-lambai ya

    *godaaan*

    BalasHapus
  62. byuh... mentenya gemuk gemuk.... mantaf, prime quality yah?

    BalasHapus
  63. betul bunda...mete wonogiri nih...top markotop :)

    BalasHapus
  64. Ditunggu pm alamat dan no hp yaaa :)

    Makasi ^_^

    BalasHapus
  65. oke deh..langsung setorrrr hehehhe

    BalasHapus
  66. sabar ya untuk pengiriman, jurinya belum sampe rumah :D

    BalasHapus
  67. baiklahh....sabar menanti :) btw emg lg g ada drumah ya

    BalasHapus
  68. Hehe, pokoe kalau aku udah kirim, akan aku kabari lagi, ya.
    Iya, lg ga di rumah asli :D

    BalasHapus
  69. Ini udah menang, msh banyak2in komen aja di mari :D

    BalasHapus
  70. baiklah menanti dgn sabar :)

    walau tdk sbenere wekekekke

    oh lg drumah palsu :)

    BalasHapus
  71. gpp dihancurkan saja lapak ini..hehhe...kan menang gegara koment byk......hehehhe

    BalasHapus
  72. Yah, kalaupun ga sabar juga, paket akan sampai pada waktu yg disesuaikan dr yg kirim dan penyedia jasanya :D

    BalasHapus
  73. heehhe...iya iya mb AKU pasti sabar menunggu kiriman xixixiix...guling tazmania ama buku euy hehehhe

    BalasHapus