Kamis, 21 Juli 2011

Saat Kita Harus Menikmati KriTiK Seperti Nikmatnya KriPiK



Hari ini seperti biasa ku awali pagiku dengan mendengarkan Radio seusai ibadah subuh. Dan tentu saja pilihanku adalah Radio MQ FM. Suara Ustadz yang sudah tidak asing lagi namanya bagi kita kembali mengudara di Ruang dengarku. Ialah beliau Ust. Abdullah Gymnastiar (@aagym).


Pagi tadi kebetulan membahas soal Kritik mengkritik. Pelajaran dan peringatan yang sungguh bermanfaat bagiku hari ini.

KriTiK memang tak nikmat seperti KriPiK, jika kita mau jujur. Namun, jika kita mampu menyikapi dengan benar, maka KriTiK itu akan terasa semakin nikmat, se-nikmat ketika kita makan KriPiK, walaupun rasanya pedas namun tetap nikmat.

Janganlah berbangga-bangga dengan pujian, karena pujian bisa melenakan kita. Bukankah lebih baik kritikan yang membangun daripada sebuah pujian yang bisa membuat kita lalai. Bila ada orang yang memuji biasa sajalah menyikapinya, tidak usah “ke-ge-er-an”. Nah, kalau ada yang mengkritik kita, ya tidak usah mencari-cari alasan, mencari perlindungan, bahkan malah membalas dengan cacian. Terimalah dengan lapang, karena kritikan itu benar-benar akan membangun kita. Ucapkan terimakasih kepada setiap orang yang mengkritik kita jika dia mengkritik berdasarkan apa yang ada pada diri kita.

Saya sering sekali menghadapi kritikan untuk diri saya, dan tidak jarang saya mencari-cari alasan dan membela diri, atau mengalihkan pembicaraan ke hal lain. Itu sering, namun setidaknya saya memikirkan kembali apa yang ia katakan memang benar, dan saya musti menyikapi kritikan itu untuk menjadikannya lebih baik kedepannya. Harus ada respon untuk kritikan itu.

Pengalaman, saya pernah dikritik oleh atasan atas perbuatan saya, memang saat itu saya ditanyai oleh atasan soal sebuah kesalahan kerjaan yang dilakukan oleh salah satu dari kami para bawahan. Saat itu memang bukan saya yang melakukannya, jadi ketika saya ditanyai saya menjawab “bukan saya pak, mungkin mereka” jawabku. Langsung atasanku menyahut, “ kamu itu kok menyalahkan yang lain”. Kemudian saya terdiam sejenak, kemudian berucap lagi, “ Maaf pak, tapi memang bukan saya”. Kemudian atasan bilang, “ ya sudahlah”. Sayapun mulai berpikir sejenak, memikirkan kata-kata yang dilontarkan atasan. Kata-kata itu memang menyakitkan, karena saya benar-benar tidak melakukannya. Namun akhirnya saya jadikan itu sebagai bahan  introspeksi. Memang benar, saya malah menjawabnya dengan menuduh dan menyalahkan yang lain walau saya bukan pelakunya. Akupun terus berusaha memperbaiki sikap mengingat "menuduh itu lebih kejam daripada tidak menuduh" :D, semua harus dipertanggungjawabkan sama Allah nanti. Suatu saat jika terjadi hal seperti itu, saya akan menjawabnya “ maaf pak, saya tidak tahu”, begitu saja. Wal hasil, akhirnya atasan lebih mempercayai apa yang saya ucapkan sekarang, dan dia jadi menyukai kredibilitas saya sebagai bawahannya. KriTiK benar-benar akan menimbulkan sesuatu yang lebih baik.

"Nikmati KriTiK seperti menikmati KriPiK, walau pedas tetap enak. KriTiK sangat bermanfaat bagai cermin, maka nikmatilah sbg karunia Allah. Bila kita sibuk membentengi diri dengan berbgai alasan bila diberi masukan/kritik, niscaya orangpun akan enggan, berarti kita kehilangn cermin.  Cacian yang membuat hati terbuka, sadar dan memperbaiki diri, jauh lebih baik daripada pujian yg membuat buta hati dan lupa diri."

“Di-KriTiK ya postingan-nya, nanti tak kasih KriPiK deh, pesen diwarung terdekat!. 

82 komentar:

  1. tambahkan sdikit garem, biar tambah nyiamik !! lanjutkan!

    BalasHapus
  2. sy boleh lah dikripik, tapi liat sikon dan suasana hati yak
    dan pastikan caranya yg elegan dan lembut hehe

    BalasHapus
  3. keasinan ntar mbak....xixixixi....pedes ya pedes aje g usah kasih asin2an :D

    BalasHapus
  4. nah....setuju kalo yang ini......XD

    BalasHapus
  5. nah....setuju kalo yang ini......XD

    BalasHapus
  6. walau caranya g lembut harus dterima pak...krn bisa jadi itu juga pertanda peringatan Allah pada kita :D *halah

    BalasHapus
  7. saat saya mendapat kritik saya biasanya saat itu tak terima, butuh waktu beberapa saat atau bahkan berjam2 untuk mencerna dan menerimanya.
    inilah saya :D

    BalasHapus
  8. berarti kalau ada orang mengkritik.....maz zaki gimana menyikapinya?? diam saja? atau berbcara sesuatu ? :)

    BalasHapus
  9. hehehe....harusnya senyumnya jgn gitu mas zaki.....senyumnya yang ikhlas dong....*saya juga sering gitu sih hehhehehe

    BalasHapus
  10. bener kan pak....kan rasanya enak kaya KriPiK...kriuukkkk hehehhe

    BalasHapus
  11. seperti untuk membuat kripik supaya enak maka harus tahu ilmunya, jadi kalau mau kritiknya enak dan didengar orang, jadi harus tahu jg ilmunya.

    makan kritik supaya enak juga ada caranya, begitu juga menerima kritik

    *jumat koq jadi bijak gini.... xixixixixi

    BalasHapus
  12. bener mas, jangan asal mengkritik kan, kalau mau mngkritik ya yang lembut, tdk menyinggung perasaan, bukan begitu ? hehe. kalau saya sih byk mujinya kali ya, sdikit mengkritiknya, takut nyinggung...

    *mas rifki emang bijak kok dr dulu :P

    *kalo ane mah masih bocah hehehe

    BalasHapus
  13. kritik membangun gitu, ya ...
    kritik sambil mencomot kripik ... he he he ...

    BalasHapus
  14. iya mas hendra...tdk menjatuh lo ya :D

    sayang sekali anda mengambil piringnya saja...krn kritiknya udah hbis hehehe....

    BalasHapus
  15. walah lagi makan KriTiK apa KriPiK mas romi ? hehehehe

    BalasHapus
  16. "menuduh itu lebih
    kejam daripada tidak menuduh"

    yup, ada bagusnya.
    Utk kasus di atas, emang mending qt diam aja en cuman bilang bkn qt pelakuny.

    Imej qt di mata atasan dan kolega dipertaruhkan tuh.

    BalasHapus
  17. hehe...bener bgt mas romi......saya kena semprot waktu itu....

    eh kirain mau bilang menuduh lebih kejam daripada mencuri KriPiK ...ehhhh :D

    BalasHapus
  18. kata penggembala kerbau di ladang, ada tiga bentuk sikap orang yang menyampaikan kritik.
    1. kritiknya benar dan caranya pun benar.
    2. Kritiknya benar, tetapi caranya menyakitkan.
    3. Kritiknya tidak benar dan caranya pun menyakitkan.

    :D

    BalasHapus
  19. waduhhhh masak yg blg penggembala kerbau hehehe

    itumah aagym tadi pagi ya bilang mbak..tadi pagi juga blg gt :)

    BalasHapus
  20. untung aja kasih koment :) hehehhe.....

    BalasHapus
  21. hahahx.. !
    mari makan chitato, wafer chiko,dan permen

    BalasHapus
  22. makan lagi makan lagi....:D


    lempar kesini lah......btw selamat ya dah terpilih di MPID 2011

    BalasHapus
  23. haha.. terima kasih.. !
    walau saya sempat bingung..

    BalasHapus
  24. dah nyobain kripik nangka? enak juga lho...

    BalasHapus
  25. hallo mas..
    jadi kapan bagi2 kripiknya:D
    *tulisan yg inspiratif, terimakasih ya mas:)

    BalasHapus
  26. @gadis: kok gtau kl jdi nominatornya? dpt hdiah loh

    BalasHapus
  27. @mb take : kripik nangka boleh jg, mnis kn? ya,mnml mnisnya ky ane :)) . kripik salak ada loh

    BalasHapus
  28. emang g tahu bang..
    karena saya merasa tidak pernah mengikutinya..
    hahax

    BalasHapus
  29. @bunda kirei : hehe,kripiknya ambl dwrung ya bu, ane itung ntar. kl kritiknya mana??ane mnta

    BalasHapus
  30. take? yaya plis...

    masa sih ada? ga da bukti = hoax. ya mbok sesekali kripik salaknya dikirim di mari to mas.

    BalasHapus
  31. hehe...ya itulah....yang menginspirasiku nulis ini mb jar hehe

    BalasHapus
  32. ya soalnya kamu misterius kali makanya dpilih :D....kl pemalu sh, anggak kali ya....ane yang pemalu :)

    hadiahnya diambil loh

    BalasHapus
  33. hehehe...ya kan itu id-mu mb..awalnya ada take-nya....n lengkapnya takedisaja :D

    ada-nya diSleman.......dibantul jarang hiihi...ntar deh tak cariin..biar g hoax

    BalasHapus
  34. Gak pa2..
    dikategorikan jadi pemenang aja dah seneng

    hahax.. saya misterius y !
    yupz.. kata temen2di dunia nyata pun seperti itu

    BalasHapus
  35. Wah, udah lama gak denger MQ FM. Kadang suka denger siaran paginya via streaming .

    Ikutan membaca juga. Thanks for sharing yah :)

    Dulu pernah membaca di buku Emotional intelligence, bahwa kritik yang salah bisa menghancurkan banyak jenis hubungan. Terutama kritik-kritik yang membunuh karakter ( Jadi merenung sendiri ).

    Ada tips mengkritik di buku itu, yaitu rumus xyz.

    x: ungkapkan kekecewaan.
    y: tunjukkan kesalahan.
    z: ungkapkan harapan/ solusi.

    Yang harus dihindari mencap orang tersebut !

    Ya, semoga kita bisa terus memperbaiki diri. amin

    BalasHapus
  36. mana hadiahnya mbak sefano...??

    masa sih dunia nyata juga XD

    BalasHapus
  37. streaming bisa, via hape flexi juga bisa sekarang....

    mksh dah mampir ^^

    yupz makasih tambahannya.....aamiin...semoga saja kita snantiasa menerima kritik2 yg dberikan pada kita, bukan pujian2 yg mmbuat kita lena ^^....

    BalasHapus
  38. bacanya ta-ke-di, biasa aja lafalnya. bukan b.ing bukan b.jepang. ;)

    asiik...kalo nemu bilang2 yaa, tar alamatnya nyusul. asiikkk... *jejingkrakan

    BalasHapus
  39. kirim di warung terdekat, bayar sendiri hehehe

    BalasHapus
  40. t-a = ta k-e = ke d-i = di =>> ta-ke-di sudah kan....

    hihihi.....kebetulan ada temen yg lagi bikin buat tugas akhir wekekke

    BalasHapus
  41. itu dia mb anaz :D......wakakaka...ngakak.....

    BalasHapus
  42. hahaha.... seratus buat mas cawah.

    maksudnya temen yg lagi buat tugas akhir itu mo beliin kripik? asiik...

    BalasHapus
  43. wekekekke......kurang seratus mah....gocap lah :D

    hahhaha...itu temen mau bikin sendiri kripiknya....dan g dijual :P

    BalasHapus
  44. oooo....ga masalah, yg penting keripiknya nyampe di jakarta. :))

    BalasHapus
  45. jiahhh mb yaya mah.......g dikasih kalo g nyamperin sendiri....

    BalasHapus
  46. wah hoax hoax nih cerita tentang teman bikin kripik. :P

    eh di jawa mana tuh mas? tapi dalam waktu dekat sih ga da perjalanan ke jawa sepertinya.

    BalasHapus
  47. walah2 beneran kok temenku mau bikin kripik salak :P....ada tuh orangnya..temen fb tapi :P

    jogja gituuuu......tepatnya sleman yang terkenal salak pondohnya....visit jogja yuk.....jogja istimewa :D

    BalasHapus
  48. ooo..jogja to, bukan jawa.

    baiklah, kapankapan ta' kabari kalo ke jogja. ada kripik salaknya to? haha....#masih keukeuh

    BalasHapus
  49. jogja itu ya masih jawa tengah lah daerahnya,.....

    oke..sekalian kopdar hihiihi.....kripik salaknya g janji :P

    BalasHapus
  50. ga bisa. itu sepaket ma kopdarnya. haha...

    BalasHapus
  51. halahhhhh......tak kasih yang buat kripik aja ya hehe..kripiknya buat aku :D

    BalasHapus
  52. kritik yang mengkripik kali mas... he he

    BalasHapus
  53. berarti gurih yah kritiknya mas :D

    BalasHapus
  54. ya paling tidak renyah lah... :D

    BalasHapus
  55. loh tp bisa kok dibikin renyah ^^

    BalasHapus
  56. idih mash dkoment hehhee

    22nya boleh kok....bener neh...keknya pantes hehehe

    BalasHapus
  57. kayaknya perburuan pertamax eko bakal dimulai nih..haha

    BalasHapus
  58. ya....saya ambil 124 eko dwi catur karena ada sesuatu dibalik nama2 itu bagi ane :)

    BalasHapus
  59. yang pasti bukan 234 -nya dji sam soe... XD

    BalasHapus
  60. hhahaha......76 juga boleh :D....sebenere mau sih ngasih di kolom komentar nomor 444 tp kapan komentarnya ampe sgitu xixixixi....

    BalasHapus
  61. haha.. bikin yang 23 ama 100 aja..

    BalasHapus
  62. 23 angka keramat multiply.... seratus angka langka.. hehe

    BalasHapus
  63. wekekeke...angka kemaratnya multiply kok 23 sih? bukan 13 ?? :)

    BalasHapus
  64. Ada sejarahnya masbro.. pasti masbro belum tahu ribut-ributnya di lapan nomor 23.

    BalasHapus
  65. gak ngerti sama sekali mas...hehehe

    BalasHapus