Selasa, 10 April 2012

Aku Ditolong, Hapeku Dicolong


Pengalaman nyata tak terlupakan ini ku dapat di awal-awal aku berada di Kota ini. Kota yang memberi sejuta kenangan dan kisah, bertemu orang-orang dengan segala karakter yang sangat menginspirasi. Kejadian suka atau duka tentu saja banyak ku dapatkan di Kota yang nyaman ini. Seperti pengalaman menyedihkan ku yang satu ini.

Ya, kejadian ini terjadi di awal-awal aku menginjakkan kaki di Kota ini, karena aku orang ‘ndeso’ yang sama sekali tidak pernah kepikiran berada di Kota ini, tentu saja Aku ‘bingung-bingung bungah’ pertama kali ke sini. Kedatanganku kesini tentu saja merantau, mencari rizki itulah tujuanku.

Namanya orang asing di negeri orang tentu saja tidak luput dari istilah “keblasuk” alias tersesat :D. Pernah tersesat? (makanya jangan lupa bawa  kompas kalo kemana kemana kemana :p). Haduh aku sendiri malu mau menceritakan saat aku tersesat, agaknya jangan meremehkan pepatah ini, “ Malu bertanya, Njungkel neng Ndalan” hihiihi. Jadi, ceritanya aku hampir tersesat sampai ke Jalan Magelang.

Aku yang saat itu sendirian mencari pekerjaan ke sana kemari, hendak ingin pulang ke kost-kostan sepupu yang kuliah disini. Sewaktu pulang dari test masuk kerja, aku naik bus kota jurusan Tempel- Terminal Giwangan Jogja, tujuanku ke terminal Giwangan, tanpa bertanya ke Kenek Busnya aku main nyelonong masuk aja yang ternyata bus itu menuju ke Tempel, bukan ke terminal Giwangan. Dan mirisnya lagi bus itu adalah yang terakhir, tak ada lagi bus yang menuju terminal Giwangan. Terpaksa aku turun di daerah Jalan Magelang, Tempel, Sleman, hampir berdekatan dengan Magelang.

Hari sudah semakin sore, Adzan ashar berkumandang, aku sesegera mungkin mampir dimasjid terdekat. Pikirku aku akan masih bisa pulang ke kostan sepupu dengan menelpon sepupu untuk menjemputku yang tersesat di Jalan Magelang ini. Tapi, kejadian menyedihkan dan membuat aku “galau” adalah ketika aku mendapati dompet dan Hapeku sudah tidak ada dalam tas. Ya, uang dan hapeku dicolong orang, tapi tasku tidak ikut dicolong, (malingnya pinter dan teliti banget, tau aja kalo tasku butut dan lusuh T_T, Cuma isinya aja yang diambil).  Ceritanya aku jadi makmum masbuk, dan aku menaruh tasku disebelah belakang agak jauh dari tempatku shalat, nah mungkin saja si maling mengamatiku sewaktu aku memasukkan hapeku ke dalam tas.

Lenyap sudah harapanku untuk bisa bertahan hidup *halah lebay ( ehhh buset dah aku galau banget saat itu, ketar-ketir ). Maksudnya bagaimana caranya aku bisa menghubungi sepupuku kalau hapeku dicolong, bagaimana aku bisa bayar angkutan alternatif lainnya sedangkan uang sedompetku digondol maling di Masjid *hiks. Aku benar-benar bingung, dan hampir saja meneteskan air mata. Tapi saat itu berpikir bahwa aku pasti bisa pulang karena Allah melihatku dan pasti menolongku. Dengan keyakinan itu aku mencoba melangkahkan kakiku menuju tempat aku akan pulang, ke kost sepupu. Berjalan kaki, YA, itulah yang terpikirkan di Otakku. Padahal aku juga belum yakin padahal jarak tempat kost dan tempat aku tersesat luar biasa jauh.

Dengan niat dan prasangka baik akan pertolongan Allah aku terus melangkahkan kaki-ku, aku sudah berjalan kira-kira 8km. Coba bayangkan? Pernahkah anda berjalan sejauh itu. Kalau aku ingat sering kali aku nangis dengan perjuanganku saat itu.

Setelah kira-kira berjalan 8km, aku merasa lelah dan aku berpikir untuk berhenti sejenak, aku kehausan, aku ingin membeli minum, tapi teringat akan dompetku yang digondol maling (semoga allah menunjukkan jalan yang lurus pada maling itu), aku pun hanya bisa bermurung muka, lesu, sedih. Tapi aku mencoba mencari-cari rupiah ditas ku yang butut itu, ternyata aku menemukan selembar uang seribuan disana, alhamdulillah, aku bisa membeli minum dengan uang itu. Sesegera mungkin ku menuju warung pinggir jalan terdekat untuk membeli minum. Tentu saja uang segitu hanya dapat membeli Ice Tea ( Es teh kalo bahasa ndesonya).  Penjual warungnya seorang nenek. Dan apa yang terjadi saudara-saudara?, setelah aku memesan es teh ke nenek ini, ku pikir harganya memang seribu, karena ditempat lain memang Cuma seribu. Tapi saat ku tanyakan harganya,”pinten mbah?”,  nenek bilang “Rong ewu mas”. *Glek, es teh yang sudah habis ku minum serasa ingin tak muntahkan lagi. Ku pikir harganya seribu ternyata di tempat nenek 2 ribu.( Huaaaa, sedihnya bukan main. Bikin nangis kalau inget ini). Tapi nenek ini tidak sepenuhnya yang membuat langkahku pulang semakin berat. Tapi nenek ini berbaik hati, setelah ku jelaskan bahwa aku hanya punya uang seribu. Aku boleh membayar dengan uang seribu saja. Hiks, aku iba. Dan karena nenek inilah aku yang tersesat bisa terselamatkan. Kebetulan nenek punya handpone, dan alhamdulillah aku dipinjami, dan aku bisa SMS sepupu untuk menjemputku. Ajaibnya lagi, aku ingat 12 digit nomor hape sepupu. Subhanallah Allah benar-benar maha besar, maha penolong.

Aku bersyukur bisa pulang dan alhamdulillah keesokan harinya diterima kerja. Terimakasih nenek, Alhamdulillah ya allah.

( Pengorbanan itu takkan sia-sia, khuznudzon pada Rabb akan hari esok lebih baik)

90 komentar:

  1. (Usut punya usut, penyebab hapeku dicolong adalah karena hape yang dicolong itu adalah hape colongan. Hape itu ku beli dari teman yang ternyata setelah aku ceritakan tentang hapeku yang hilang itu, temenku bilang kalau hape itu memang hape colongan, dia menjualkan hape temennya yang ternyata hape colongan. Huaaaa. Buat teman-teman! Hati-hati bila membeli barang! . Belilah barang yang jelas kehalalannya. Jangan sampai kejadian kaya aku HAPE COLONGAN, KOK YA DICOLONG)

    BalasHapus
  2. Wkwkwk.. Itu bisa jadi bahan renungan. Sesuatu itu pasti ada jalannya. kalo dari awal salah, akhirnya jgua salah. Kalo awal baik, akhir juga baik.

    Kalo tersesat ya tanya ama orang lah? Bukan ama batu..

    BalasHapus
  3. ekohm: hahahhahaha....ya memang harus direnungi........dan aku nyesel beli hape colongan XD

    BalasHapus
  4. aku dikeroyok 4 org dan hidungku ditusuk pena di atas bus kota. 1 hp pun raib. Hoho.

    BalasHapus
  5. laik dis ... he he he ...
    langsung merenung ...

    BalasHapus
  6. ckckckck

    tulisan catur sekarang jadi banyak "aku"-nya...

    BalasHapus
  7. mas romi : waw..........serius.....seremmm euy...terus ada yg nolongin gak?

    BalasHapus
  8. Jadi ini curhat beneran kan?bukan curhat colongan?

    BalasHapus
  9. kang hend : xixixixixixi.....merenung apa? jgn nyolong hape ya XD

    BalasHapus
  10. mpit : :)) terus apa dong...kulo? saya? ana ente wassalam XD

    BalasHapus
  11. Ini curhat beneran! Bukan curhat colongan.

    :ngakaks

    BalasHapus
  12. bundananda : masak sih ini curhat XD

    BalasHapus
  13. bang hend : hehehhehe..indah permata sari :l

    BalasHapus
  14. :))
    pake lo gw end dong :))

    perasaan dulu g gitu,,

    BalasHapus
  15. mpit : iya ya...aku lupa mbak....mungkin juga sekarang aku udah berubah ( kayak powerranger XD

    BalasHapus
  16. klik tombol balasnya di new broser

    BalasHapus
  17. oh iya...bisa sekarang...oon ya aku hehehehhe...makasih lo mas :D *maklum ra dongan wonge aku

    BalasHapus
  18. oke.......bagaimanakah kelanjutan ceritanya..#bersambung.....nunggu

    BalasHapus
  19. ahahhahahahhaha...:P....apa aja buleh

    BalasHapus
  20. Ga semua error, punyaku baik2 saja..
    Cek di mp indonesia :D

    BalasHapus
  21. iya tho...punyaku kemaren2 bisa...tp hari ini gbisa....

    BalasHapus
  22. alhamdulillah bisa pulang dan bisa nulis di MP hehehe :D

    BalasHapus
  23. xixixiix...iya mas..bersyukur masih bisa bernafas....

    semoga sepulangku ke alam yg lain nanti jgn sampe tersesat lg ^^

    BalasHapus
  24. jadi kena karma ya?
    baiknya beli di dealer resmi..

    BalasHapus
  25. hebat masih bisa hafal nomornya sepupu.. ku sih lupa mulu sama nomor sendiri..

    BalasHapus
  26. hihihihi..iya mbak...tp ane kan g tau kalo itu hape colongan sebelumnya....ane g pernah beli brang2 yg g jelas lg :D

    BalasHapus
  27. hehehehhe........biasanya nmor keluarga beberapa ada yg hafal...

    lah nomor jgn byk2 dong

    BalasHapus
  28. Alhamdulillah... Allah SWT masih sayang padamu untuk tidak berlama-lama menggunakan barang panas.

    BalasHapus
  29. beneeeerrrr pak T_T

    hehehhehe.....beneran bkin paanas itu brang

    BalasHapus
  30. sepertinya harus lebh hati2 di mana pun kita berada termasuk di masjid. lebih mana tas ditaro di depan ketika shalat... sekalian dijadikan sutrah :)

    BTW udah dapat ganti HP yang baru kan?

    BalasHapus
  31. Suka suka suka...
    Hikmah itu emng bnr terserak yaaaa ^___^b

    BalasHapus
  32. wallahul musta'aan jiddan neh...
    makasi share pengalaman keren nya,..:)

    BalasHapus
  33. Mirip sinet..
    Hikmahnya jadi tau klo hpemu tu colongan jg.

    BalasHapus
  34. Alhamdulilah, akhirnya sampai juga
    Lah ini Catur pengalaman masih baru, kah?
    Lain kali kalau shalat itu tas taro depan aja :)

    BalasHapus
  35. Kalo hapenya colongan, dompetnya enggak khan? #eh :D

    BalasHapus
  36. pk rifki: iya skrg lbh hti2 dan sll mnempatkan tas didepan..penglmn bharga

    #skrg udh dpt gnt hp,bkn colongan, lsg 2hp:)

    BalasHapus
  37. pia : ahaha, sinetron? baiknya dbkin sinet yak? drimu jd pmeran utamanya ;p

    BalasHapus
  38. anazkia: iya ini wktu pertama aku dijogja, dan trsesat..ya lain x hrs hati2 sama maling

    BalasHapus
  39. pak syamsul: dompetnya bkn colonganlah, tp isinya #lohh :))

    BalasHapus
  40. ​‎​​​ اَÙ„ْØ­َÙ…ْدُÙ„ِÙ„ّÙ‡ِ رَبِّ الْعَالَÙ…ِÙŠْ
    Memang Allah sebaik-baik penolong

    BalasHapus
  41. bunda embun : Subhanallah...:) jgn ragu dg janji-Nya

    BalasHapus
  42. bupeb: iya,..paling kakiku bengkak esok paginya, #eh gding udah biaasa jln jauh :)

    BalasHapus
  43. sepertinya memang terlampau banyak pengalaman yang menjadikan mas Catur begitu lama meninggalkan MP... tulis aja ya mas hehehe....

    BalasHapus
  44. xixixixi...meninggalkan mp krn "sesuatu"

    eh drimu komentnya telat trs..yg terakhir xexexe

    BalasHapus
  45. hihihi penjaga gawang gitu hehehe

    BalasHapus
  46. wekekeke...wktu luangnya lbh byk dgunakan unt mngabdi kpd negara ya makanya coment telat:)

    BalasHapus
  47. hiiiiiiiii justru sebaliknya dong... telat gara2 kerjaan nih huhuhu

    BalasHapus
  48. subhanallah..... Allah memang maha penolong.
    atas kesabaran dan prasangka baik itulah kesedihan itu digantikan dengan rejeki dapat kerjaan.

    i like this story so much ... so much!!

    BalasHapus
  49. bener bunda..aku sangat bersyukur...skrg jd lebih byk mengambil hikmah..bhwa kesedihan saat ini akan berbuah kebaikan di akhir nanti ^^...

    thanks bunda :D

    BalasHapus
  50. wah, pengalaman yang sangat menakjubkan teman !! *bacaalabolang*

    BalasHapus
  51. menyedihkan juga xixixiixixixi,.......kok bolang?:P

    BalasHapus
  52. wah ........salah klik nih ...isinya CURCOL ............ahahah

    tabahkan hatimu nak hehehe pisss

    BalasHapus
  53. wekekekeke....sekali-sekali gapapa XD

    BalasHapus
  54. ceritanya mengharukan :D
    tp alhamdulillah pulang dengan selamat yaaa

    BalasHapus
  55. tapi judule kewlaik tuh, haruse, hapeku dicolong dulu, baru aku ditolong haha

    BalasHapus
  56. wah tuhkan, katanya sendiri ......rupanaya pulangnya dengan si Selamat

    :-)

    BalasHapus
  57. msh sih mengharukan....aku sendiri g tau kl ini mengharukan hihii

    iya, sengaja tak walik biar kesannya seru gtu xixixix :-)

    BalasHapus
  58. dih pak j4uh4ry...:P

    pak slamet itu guruku :P

    #eh kok g dikonfirm2 #meletlagi

    BalasHapus
  59. wekekekkekeke...sepertinya dirimu kalem disini......

    gak gaol wkwkwkwkaburrr

    BalasHapus
  60. duh... udah tersesat, jalan 8kilo...
    ya allah... sakke banget... aku wis nangis yae

    BalasHapus
  61. hohoho..kan biar gemana getu :D.....makasih ya udah ngubek2 blog ku :)

    BalasHapus
  62. ya bgitulah dg keyakinan dan kesabaran maka ayo langkahkan kaki kita ^^

    BalasHapus
  63. hehe baru 1 tulisanmu yg q obok2 :D
    yg lain belum... ditunggu ya

    BalasHapus
  64. si nenek yg jualan, baik bgt...
    mau ngasih sms juga :D
    disekitar jalan situ kelihatannya memang udah 2rb

    BalasHapus
  65. iya..kl kesana lg mau beli es teh lg :)..tp 2009 yg lalu rata2 msh 2rb kok.....

    BalasHapus
  66. wow..kebiasaan yg pantas ditiru :-)

    BalasHapus
  67. tapi menyesuaikan sikon kantor juga lhoo...
    ndak bisa sekali borong :D

    BalasHapus
  68. ojo mung es teh to, jajanan lainnya juga

    BalasHapus
  69. hohohoho...iyo kangen masakanan sonooo :(

    BalasHapus